Thursday 28 April 2016

Melibatkan asosiasi Asia Pasific Car Tuning (APACT)

Surabaya, Tuan Rumah Kompetisi Modifikasi BlackAuto Battle 2016

Surabaya bersiap menjadi kota penutup rangkaian kegiatan BlackAuto Battle 2016 yang digelar di lima kota besar Indonesia.  Para pecinta modifikasi & car tuning di Jawa Timur dan Bali kembali ditantang untuk unjuk kemampuan dan menampilkan hasil karya terbaiknya. Ajang kompetisi modifikasi dan car tuning BlackAuto Battle tahun ini kembali digelar untuk memuaskan dahaga kompetisi para modifikator lokal.

Ajang ini memang masih akan digelar pada 17-18 Desember 2016 mendatang setelah digelar di Solo, Makassar, Tangerang Selatan, dan Balikpapan sebagai lokasi final battle.Menurut Boy Yuniantyo Prabowo (Juri BlackAuto Battle 2016), dipilihnya Surabaya sebagai pamungkas penyelenggaraan BlackAuto Battle 2016 karena besarnya animo masyarakatnya Jawa Timur khususnya Surabaya dan sekitarnya terhadap industri otomotif dan modifikasi mobil. Komunitas otomotif di seluruh Jawa Timur dan Bali dapat hadir ke Surabaya untuk mengikuti secara langsung perkembangan industri car tuning terutama modifikasi dan car audio di Indonesia.



”Ini digelar sebagai ajang adu kreativitas dan inovasi terbaik hasil karya anak bangsa. Kompetisi modifikasi di Indonesia saat ini semakin bergairah dan banyak diminati. Ini menjadi tantangan bagi kami untuk menghadirkan kompetisi yang jauh lebih tajam dengan metode penilaian yang lebih ketat dan terukur,” ungkap Boy Yuniantyo Prabowo.


Dibanding dengan kompetisi lainnya, BlackAuto Battle 2016 secara konsep akan berbeda dengan lebih fokus pada aspek Dyno dan Audio. Menurut Boy, sejumlah aspek seperti kategorisasi, sistem pertandingan, penjurian, metode penilaian serta aturan main akan lebih mengedepankan aspek fairness dan metode ukur yang lebih baik.


Dalam penjurian, ajang ini akan melibatkan asosiasi Asia Pasific Car Tuning (APACT) untuk menilai kekuatan dan kelebihan dari tiap hasil karya modifikasi para builder. Boy mengatakan dengan melibatkan APACT, penjurian akan semakin kompetitif karena dilakukan secara adil dengan metode terukur dan dapat dipertanggung jawabkan. Para juri yang akan memberikan penilaian adalah mereka yang telah berpengalaman di bidangnya dan telah teruji dalam berbagai kompetisi tingkat nasional  dan  internasional.


”Dengan faktor- faktor itu tadi, jelas bahwa setiap pemenang dari BlackAuto Battle 2016 ini akan sangat layak untuk menyandang modifikator terbaik menjadi trendsetter industri modifikasi  Indonesia,” ungkap Boy.


Sedikit berbeda dengan gelaran BlackAuto Battle pada tahun sebelumnya, BlackAuto Dyno Test terbagi atas tiga kelas berbeda (tahun 2015 terbagi atas dua kelas) yaitu kelas Max 4 Cylinder N/A, Max 4 Cylinder FI dan FFA. Tahun ini pembatasan kelas berdasarkan jumlah silinder dan pada sistem dengan induksi atau tanpa induksi tambahan. Mesin ukur daya mesin ini didatangkan khusus dari Mainline Dynolog Australia dan merupakan satu-satunya engine performance contest di Indonesia. Sebagai informasi tambahan, mesin dyno ini juga bisa mengukur daya dari dua karakter penggerak roda berbeda, yaitu depan (FWD), belakang (RWD) atau keduanya (AWD).


Untuk Black Out Loud terbagi dua kelas pertandingan, yaitu SQL dan SPL. SQL yang dipertandingkan terdiri dari dua kelas yaitu twin boombox (2 subwoofer) dan quad boombox (4 subwoofer) dengan konsep penilaian penggabungan antara nilai SQ dan SPL. Juri SQL tahun ini adalah salah satu professional audio dibidang acoustic engineering yang juga sangat berpengalaman dalam dunia pro dan recording. Dan untuk SPL, seri pertama di Makassar ini juga mempertandingkan dua kelas, yaitu  kelas Fun SPL dan Street SPL yang diukur menggunakan alat ukur sensor terbaru di dunia, Term Lab Magnum.


Animo dari para pecinta otomotif juga sudah mulai terlihat jauh hari sebelum ajang ini digelar. Seperti kota Makassar, sejumlah modifikator sudah bersiap untuk mengikuti BlackAuto Battle 2016. Vega dari Costumized, mengaku sudah mempersiapkan berbagai hal untuk mengikuti kompetisi yang akan digelar pada 30 April mendatang. Modifikator yang berasal dari Kota Makassar ini sudah menyiapkan konsep yang akan ia pamerkan saat event berlangsung nantinya. “Ajang seperti BlackAuto Battle ini sangat positif terutama untuk menyalurkan bakat modifikator lokal yang sebenarnya tidak kalah dari negara-negara maju. Kami juga sudah menyiapkan konsep modifikasi yang kami rencanakan dengan matang, semoga bisa menjadi kejutan dan mencuri perhatian saat kompetisi nanti,” ungkapnya antusias.


Para pecinta otomotif juga dapat menikmati deretan display mobil-mobil canggih yang  mengusung tema modifikasi terbaik. Sementara para entertainer akan menampilkan aksi-aksi panggung seperti live band performance dan DJ performance dalam suasana khas BlackAuto Battle. Tak ketinggalan pula penampilan kontes Miss BlackAuto Angel, attractive dancers, car wash, Da’ Lower Da’ Winner serta deretan booth yang  menghadirkan berbagai produk dan aksesoris terkemuka bernuansa otomotif lewat Black Market. (end)

No comments:

Post a Comment