Wednesday 17 August 2016

Cara Menurunkan Berat Badan Alami dengan Bumbu Dapur

Penggunaan bahan-bahan alami ini alangkah lebih bijaknya kalau digunakan sebagai penunjang kesembuhan dan harus tetap berdasarkan arahan dari dokter.  Masalahnya, adalah bila pil-pil diet tersebut merupakan produk ilegal yang tak diketahui secara pasti komposisi bahan-bahannya. Tentu kesehatan penggunanya yang menjadi taruhan. Nah, agar terhindar dari efek samping yang demikian, sebaiknya praktekkan cara menurunkan berat badan secara alami misalnya dengan bumbu-bumbu dapur.


 Dalam menerapkan cara menurunkan berat badan secara alami sesungguhnya tidak terlalu sulit karena di sekitar kita juga terdapat banyak “obat-obatan diet” yang bahkan secara tak sadar sering kita konsumsi dalam keseharian kita. Obat-obatan diet alami yang dimaksud adalah bumbu-bumbu dapur sehat yang tak hanya berfungsi untuk memperkaya citarasa masakan tetapi juga memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan kita.

Selain itu, khasiat lain dari beberapa bumbu masakan yang akan diulas berikut ini juga manfaat obanya yaitu dapat mengurangi peradangan, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, hingga memperkecil resiko terserang demensia.

  1. Bawang putih
Khasiat obat bawang putih memang lebih dikenal daripada manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Khasiat tersebut antara lain adalah menurunkan tekanan darah rendah, anti peradangan, menyehatkan jantung, serta dapat membasmi virus influensa. Berdasarkan penelitian lanjutan akan bawang putih, dikatakan bahwa konsumsi bawang putih pada tikus putih selama 7 minggu mampu mengurangi lemak dalam tubuhnya. Dengan demikian artinya bawang putih akan membantu Anda mengontrol berat badan.

  1. Jahe
 Bumbu yang merupakan jenis tumbuhan rimpang-rimpangan ini sebelum ditemukan manfaatnya sebagai ramuan diet alami nyatanya telah digunakan sejak puluhan tahun yang lalu untuk mengatasi masalah pencernakan, obat mabuk kendaraan, dan menyembuhkan masuk angin. Jahe ternyata cukup efektif sebagai bahan alami penurun berat badan karena mempunyai kandungan thermogenesis yang dapat membakar kalori tubuh lebih banyak. Jahe juga mampu membantu Anda merasa lebih cepat kenyang sehingga porsi makan Anda menjadi berkurang.

  1. Cabe
 Berbahagialah bila Anda adalah penggemar makanan pedas karena ternyata cabe rawit dan paprika merah mampu membantu program diet Anda. Dibandingkan mereka yang tak mengonsumsi makanan pedas, pembakaran kalori pada penggemar makanan pedas lebih cepat. Setelah mengonsumsi setengah sendok teh cabai rawit, orang dengan bobot tubuh normal akan membakar lebih dari 10 kalori selama 4 jam dalam tubuhnya.

Berdasarkan ulasan tentang cara menurunkan berat badan secara alami dengan bumbu dapur sehat di atas, mulai sekarang jangan sepelekan lagi bahan-bahan alami ini, ya. Selain lebih ekonomis, memilih bahan-bahan alami ini jelas jauh lebih aman dibandingkan obat diet kimia




Cantik Lewat Bumbu
 Rempah dan tanaman herba terbukti dapat menjaga kesehatan bahkan menyembuhkan beberapa penyakit. Jamu salah satunya, telah menjaga kesehatan para eyang kita hingga saat ini. Meski pun sempat terlupakan karena "terpana" dengan obat-obatan modern, kini rempah dan herba kembali diandalkan untuk menjaga kesehatan kita. Sudah ada 17 rumah sakit yang menggunakan jamu dalam proses pengobatan.

Selain menjaga kesehatan, bumbu juga berguna untuk kecantikan. Banyak produk kecantikan, mengkhususkan diri menggunakan bumbu sebagai bahan dasarnya. Kulit kuning langsat didapat karena sejumlah tabir surya (sunscreen), mengandung kunyit. Pasta kunyit bisa menghilangkan rambut yang tidak diinginkan. Kayu manis menambah keharuman tubuh kita. Masih ada manfaat sereh, pala, ataupun bumbu lainnya.

Pada dasarnya tubuh kita merupakan kesatuan sistem yang saling berhubungan. Ingat kisah Elizabeth Gilbert dalam Eat, Pray, Love yang menemukan pentingnya keseimbangan tubuh, pikiran, dan jiwa dalam kehidupan. Rasanya kita juga bisa mewujudkan keseimbangan itu.

Bumbu dan Kesehatan
Buat kita yang sibuk, manfaat rempah-rempah dan herba dapat kita rasakan juga setiap hari. Cara mudahnya dengan memasukkannya ke dalam menu makanan dan minuman sehari-hari. Nikmati kari, atau sup ikan yang berwarna cerah karena kunyit. Jangan lupa nikmati segarnya kunyit asam (bukan hanya saat kita sedang menstruasi saja) atau pun wedang jahe untuk mendapatkan kesegaran dan badan yang bugar.

Kunyit:
  1. Dapat digunakan untuk antiseptik. Saat kita terluka, ambil kunyit, cuci bersih, kunyah dan tempelkan pada luka, darah akan berhenti mengalir, jangan lupa ke dokter setelah itu.
  2. Dapat menghilangkan kolesterol "jahat", menguatkan fungsi hati, memerangi depresi, dan membantu mengurangi berat badan.

Jahe:
  1. WHO mencatat jahe merupakan tanaman obat-obatan yang paling banyak dipakai di dunia.
  2. Jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan untuk membangkitkan nafsu makan.
  3. Jahe segar yang ditumbuk halus dapat digunakan sebagai obat luar sebagai obat mulas.
  4. Raasa dan aromanya pedas dapat menghangatkan tubuh dan mengeluarkan keringat


Biji pala:
Biji pala harus digunakan secara bijak pada masakan, karena menggunaan tidak sesuai takaran dapat menimbulkan efek berbahaya. Sebuah sumber menyebutkan jika menggunakan biji pala berlebihan pada masakan dapat menyebabkan halusinasi hingga tidak sadarkan diri. Bahkan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan jantung berdebar-debar, mual, kejang, dehidrasi dan kematian. Hal itu terjadi karena biji pala mengandung zat beracun myristicin. (Awas, Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Menstruasi) (imm/kom)

No comments:

Post a Comment