Wednesday 17 August 2016

Kembali ke Alam Sehat dan Bugar dengan Bumbu Dapur

Bumbu dapur merupakan bahan yang hampir setiap hari kita konsumsi melalui berbagai macam hidangan. Meski terkesan tidak bernutrisi, tapi bumbu dapur ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan terutama bagi anda yang sedang berkeinginan untuk menurunkan berat badan.

Mungkin masih banyak di antara Anda yang tidak mengetahui atau bahkan tidak menyangka bahwa ada banyak bumbu-bumbu dapur seperti bawang putih, cabai, kunyit, merica, jahe, bawang merah, dan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit.


Sebenarnya, khasiat bumbu-bumbu dapur tersebut sudah diketahui sejak lama dan bahkan telah diturunkan. Bahkan banyak otoritas kesehatan yang mengkonfirmasi aneka manfaat dari bahan-bahan masakan tersebut.

Diet dan olahraga adalah cara yang paling banyak dipilih untuk menurunkan berat badan. Padahal ada cara yang lebih mudah dilakukan dan lebih nikmat, yaitu dengan menambahkan beberapa bumbu dapur dalam masakan Anda. Selain membantu menurunkan kalori dalam tubuh, bumbu ini juga bisa membantu melancarkan pencernaan.

Lantas, apa saja bumbu dapur yang bisa berperan ganda tersebut? Selain untuk penyedap rasa, diketahui memiliki khasiat untuk mengatasi beragam penyakit dan menjaga kebugaran. Berikut beberapa bumbu dapur yang paling efektif untuk menurunkan berat badan.

  1. Kunyit
Kunyit telah digunakan berabad-abad lalu untuk pengobatan herbal. Rempah ini bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah, dan melancarkan pencernaan. Curcumin yang terkandung dalam kunyit bisa membantu menghilangkan jaringan lemak dan membuang semua racun di dalam tubuh.

  1. Kayu manis
Dalam beberapa jenis kue, kayu manis bisa digunakan sebagai alternatif pengganti gula. Kayu manis juga bisa menjadi bumbu penyedap dalam masakan Anda. Namun, sebenarnya kayu manis juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi kadar gula darah. Bumbu sehat ini juga bisa membantu melancarkan pencernaan, dan menghancurkan karbohidrat lebih baik.

  1. Mostar
Mostar merupakan salah satu jenis bumbu masak yang bisa meningkatkan metabolisme. Mostar dinilai sangat tepat untuk menggantikan mayones karena bisa memotong 50 persen dari asupan kalori. Mostar juga membakar lemak dengan lebih cepat dan lebih banyak.

  1. Bawang putih
Selain membuat masakan jadi lebih lezat, bawang putih juga memiliki banyak manfaat lain. Kandungan allicin dalam bawang putih berfungsi untuk melawan kolesterol tinggi dan kadar gula darah.

  1. Jahe
Jahe merupakan rempah yang paling umum digunakan oleh orang di seluruh dunia. Dikenal sebagai salah satu ramuan obat, jahe juga berfungsi untuk menekan nafsu makan berlebih, melancarkan pencernaan, meningkatkan metabolisme, dan menghilangkan racun dari tubuh.


  1. Cabai
Cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang disebut-sebut banyak memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Di antara beberapa manfaat cabai ialah sebagai pereda sakit demam, meredakan penyakit pilek dan hidung tersumbat, penyembuh luka, mencegah stroke, meringankan sakit kepala dan nyeri sendi, menurunkan kadar kolesterol, antibiotik alami serta dapat meningkatkan nafsu makan.

  1. Bawang Merah
Bawang merah telah ada sejak 3.500 SM di Mesir. Beberapa kandungan zat yang ada dalam bawang merah antara lain vitamin, zat pati, saponin, peptide, metilallin, dihidroallin, minyak atsiri, dan lainnya.

Sementara khasiat bawang merah sangat banyak sekali yakni untuk mengatasi batuk dan pilek pada bayi, mengatasi demam dan perut kembung pada anak-anak, melancarkan buang air kecil maupun besar, membunuh kuman, menormalkan sistem saraf usus, membantu kerja empedu, mengurangi tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi.

  1. Bawang Putih
Sama halnya dengan bawang merah, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang putih ini banyak mengandung sumber vitamin dan mineral seperti fosfor, kalium, natrium, magnesium, dan besi.

Bawang putih memiliki banyak sekali manfaat kesehatan seperti menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu menghambat proses penuaan dan resiko terkena kanker, menurunkan kadar kolesterol, mencegah tejadinya penggumpalan darah, meredakan stres, kecemasan, depresi, meringankan tukak lambung, meningkatkan kadar insulin bagi para penderita diabetes, penawar racun, menambah nafsu makan, dan lainnya.

  1. Merica
Merica biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit asma, mengatasi bau keringat, menyegarkan badan, haid yang tidak teratur, rematik, sakit kepala, tidak ada gairah seksual, impotensi, maupun meningkatkan stamina.

  1. Kayu Manis
Kayu manis tak hanya digunakan untuk bumbu masakan di Indonesia, namun juga telah mendunia. Khasiat kayu manis sendiri sangat banyak dimulai dari mengatasi infeksi kandung kemih, menurunkan kadar kolesterol, mengatasi demam, mengatasi luka pada perut, batuk kronis, sinus, meredakan perut kembung, menurunkan berat badan, mengatasi kanker, bau mulut, dan berbagai khasiat lainnya.

Ternyata begitu banyak bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit tubuh. Namun demikian, bukan berarti bahwa penggunaannya secara serta-merta tanpa pembicaraan dengan dokter. (imm/net/ap)

No comments:

Post a Comment