Thursday 18 August 2016

Tidak Hanya Tahu tentang Masalah di RS Namun Juga di Masyarakat

Sisi Lain KKN Unusa di Kecamatan Wringin Anom Gresik


Selama tiga minggu, 180 mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Kecamatan Wringin Anom Gresik. Mahasiswa dari enam fakultas terjun langsung untuk mengetahui permasalahan masyarakat serta membantu mencarikan solusinya.

Uswatun Aini, mahasiswa jurusan Keperawatan tidak menyangka bisa turun langsung ke masyarakat. Dengan mendatangani masyarakat secara langsung, Aini bisa mengetahui problem kesehatan secara sesungguhnya. Apalagi selama ini, dia hanya tahu permasalahan kesehatan hanya di rumah sakit.


Dengan turun langsung ke masyarakat, Aini bisa langsung memberikan solusi akan permasalahan yang ada. “Jadi kita tahu secara pasti permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat di desa. Benar-benar kami mendapatkan ilmu secara nyata,” tandas Aini.

Tahun ini, KKN Unusa memfokuskan pemberdayaan potensi-potensi yang ada di 16 desa di Kecamatan Wringin Anom. Potensi tersebut misalnya produk skala rumahan yang menghasilkan atau memroduksi telur asin maupun tikar plastik. Salah satu bentuk konkret untuk memberdayakan potensi tersebut dengan cara memublikasikan lewat dunia maya.

Mahasiswa diharapkan mampu membuat website desa. Hal ini bertujuan agar masyarakat luas mengetahui potensi-potensi daerah tersebut. Potensi-potensi semacam itu belum diketahui masyarakat luas. Bila dibuatkan website, maka potensi desa dalam hal produk unggulan dapat dikenal melalui internet.

Satriyo Utomo. Camat Wringin Anom sangat berterima kasih kepada Unusa yang sudah bersedia melakukan pengabdian masyarakat di kecamatan yang dipimpinnya. “Kami sedikit banyak terbantu terutama terkait dengan kesehatan. Kami sedih ketika para mahasiswa KKN Unusa mengakhiri kegiatan ini. Banyak bantuan dari mahasiswa. Kalau ada tali silaturahmi selanjutnya, kami siap menerima kalian di Kecamatan Wringinanom. Kami mohon maaf apabila ada tutur kata yang kurang berkenan kepada para mahasiswa peserta KKN," jelasnya.

KKN Unusa telah berakhir pada Sabtu (13/08) lalu. 180 mahasiswa yang mengikuti KKN diharapkan bisa mengambil semua pelajaran yang ada di lapangan. Saat penutupan, dihadiri anggota Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Wringinanom serta jajaran pimpinan Universitas Unusa. (end)

No comments:

Post a Comment