Wednesday 31 August 2016

SG Berharap pada Infrastruktur

Kuasai Pasar Semen 68 Persen

SURABAYA – Perusahaan semen sangat berharap para proyek infrastruktur khususnya jalan tol yang dicanangkan pemerintah. PT Semen Gresik salah satunya. Di tengah kondisi perekonomian yang tidak menentu yang berimbas pada stangnansi pertumbuhan penjualan, membuat anak perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk ini berharap banyak para proyek infrastruktur.

Kepala Departemen Penjualan Semen Gresik, Bambang Djoko mengatakan, proyek infrastruktur saat ini memang menjadi tumpuan. Terbukti, penjualan SG tumbuh signifikan di kawasan Jawa Tengah dengan adanya percepatan proyek Brebes Exit (Brexit) untuk menopang jalur mudik pada Lebaran mendatang.

“Di sana semen curah SG tumbuh 10 persen. Di proyek itu, memang menggunakan produk kami,” ujar Bambang di sela-sela Business Gathering Semen Gresik untuk Area Jatim 1 di Surabaya, Selasa (30/08) malam.

SG juga berharap para proyek jalan tol yang ada di Jatim. Tercatat ada banyak proyek jalan tol seperti Pasuruan – Probolinggo, Probolinggo – Banyuwangi sepanjang 170 kilo meter, Pandaan – Malang sepanjang 130 kilometer dan Legundi – Gresik.

“Tahun depan baru terasa pertumbuhannya di Jawa Timur, setelah proyek-proyek itu jalan. Kita berharap segera dilakukan. Karena sisa waktu lima bulan ke depan,” tambahnya.

Bambang mengakui, jika kondisi saat ini sangatlah berat. Perekonomian masih belum pulih seperti tahun-tahun sebelumnya. Penjualan sama seperti tahun lalu, sudah cukup bagus bagi produsen semen di tanah air. “Apalagi persaingan semakin kencang. Banyak merek baru bermunculan,” tandasnya.

Namun beruntung, SG yang berbasis di Jawa Timur, masih memegang share terbesar di wilayahnya. Di Jatim, SG memegang 73 persen dari total penjualan semen hingga Juli 2016.

“Area Jatim I ini kita masih rendah dibanding daerah lain. Jatim I masih 68 persen. Ini memang area pertaruhan, banyak pesaing,” tukasnya.

Karena itu tidak mengherankan jika SG berusaha untuk terus mendekatkan diri pada pelanggannya khususnya distributor sebagai ujung tombang penjualan. Business Gathering Semen Gresik salah satu yang selalu dilakukan tiap tahun.

Business Gathering di area Jatim 1 untuk tahun ini dikemas berbeda dan lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Perseroan senantiasa menelusuri kebutuhan distributor dan toko, salah satunya adalah bekal dalam berbisnis.

Perseroan menghadirkan tokoh motivator dan coach bisnis Indonesia, Tung Desem Waringin untuk memberikan sesi Business Inspiration. Selain itu, video inspirasi dari Hermawan Kertajaya dan Rhenald Kasali juga disiarkan untuk menambah semangat para mitra penjualan dalam berbisnis.

 “Apresiasi kepada pelanggan ini adalah salah satu program untuk menjaga loyalitas seluruh mitra penjualan dan upaya memperkuat jaringan pemasaran. Kami berharap program ini dapat memacu dan meningkatkan kontribusi para pemilik toko yang merupakan mitra utama penjualan bagi perusahaan,” jelas Bambang.

Di tengah maraknya pemain semen baru di Indonesia, penjualan Semen Gresik di area Jawa Timur I periode Januari hingga Juli 2016 menembus 534.415 ton, naik 6,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dengan ini, Semen Gresik menguasai pasar mayoritas, yakni 68 persen.  (end)


No comments:

Post a Comment