Sunday 21 August 2016

Cari Bibit Atlet Pelari Daerah

2.370 Peserta Ikuti Japfa Beach Run 2016

LAMONGAN – Untuk pertama kalinya, Japfa Lamongan Beach Run 2016 digelar di Kabupaten Lamongan, tepatnya di Paciran.  Meski pertama kali, sebanyak 2.370 peserta ikuti Lamongan Beach Run 2016. Para peserta menyusuri jalan Deandles di Pantura Lamongan dari garis start di Desa Tlogosadang, Kecamatan Paciran hingga finish di Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan  (ASDP) Paciran, Minggu (21/8).



Dari jumlah peserta itu terdiri dari kategori 5K sebanyak 1.491 peserta dan kategori 10K sebanyak 879 peserta. Mereka bukan hanya dari Lamongan saja, tapi juga dari darah sekitar, termasuk Tuban, Bojonegoro, Jombang, Mojokerto, Gresik, Surabaya dan sekitarnya. Bahkan juga ada peserta dari Jakarta, Solo,Yogyakarta, Salatiga.


Para peserta 10 K diberangkat sekitar pukul 06.30 Wib oleh Bupati Lamongan H Fadeli di garis start, tepatnya di Desa Tlogosadang, Kecamatan Paciran. Sedangkan peserta 5K dengan start di depan Lamongan Shorbase (LIS), di Desa Kemantren. Para peserta menyusuri Jalan Deandles itu hingga masuk ke finish di ASDP Paciran.


Kategori yang dilombahkan 5K umum putra putri nasional, pelajar putra putri nasional. Juga 5 K Lamongan putra putri. Sedangkan kategori 10 K umum nasional putra putri,10 K pelajar nasional putra putri juga 10 K pelajar putra putri Lamongan.


Bupati Fadeli mengungkapkan bahwa tidak salah memilih Lamongan sebagai tempat kegiatan ini. Sebab mulai Desa Tlogosadang sebagai start kegiatan ini hingga finish di ASDP, memiliki potensi yang luar biasa. Setidaknya ada Lamongan Integrated Shorabase (LIS). Ke barat sedikit terdapat Wisata Bahari Lamongan (WBL) Paciran.


“Kebarat lagi masuk wilayah Kecamatan Brondong, terdapatTPI Nusantara Brondong yang merupakan terbesar di Jatim, dan kebarat lagi juga ada Pelabuhan Rakyat di Desa Sedayulawas. Jadi tidak salah memilih Lamongan sebagai tempat kegiatan ini. Karena tempat ini berada di tepi lautan yang memiliki sumber alam yang luar biasa," katanya.


Lamongan, lanjut bupati Fadeli, memiliki potensi luar biasa, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Karena itu, begitu acara ini digelar di Lamongan, pihaknya minta tidakn hanya kategori 10 K saja tapi juga 5K. Harapannya, bagi yang berkapasitas 5K bisa mengikutinya di Lamongan,karena tidak mungkin ikuti 5K di Bandung atau di Jakarta.


"Mudah - mudahan dengan kegiatan ini akan mememukan bibit - bibit atlit baru.  Karena Lamongan ini memiliki potensi luar biasa,"  katanya.


Andi Prasetio Head of Japfa Foundation mengaku jumlah peserta dalam kegiatan ini masih kurang. Pihaknya berharap tahun mendatang bisa lebih banyak lagi. "Agar panitia bisa mengakomodir," katanya.
Disinggung target kegiatan ini, menurutnya, turutsertanya para generasi muda dalam kegiatan ini. Disamping itu juga untuk terciptanya prestasi -prestasi, husunya bagi kalangan pelajar. "Untuk menunjukkan bahwa Lamongan juga bisa berprestasi di level nasional," katanya.
Hadiah diserahkan di lapangan ASDP Paciran. Juara 1-5 kategori 5K umum putra Lamongan yakni Sudiyantoro (Sugio), Nandar (Sugio), Syaifurrahman (Tikung), Nakmun dan Sunarto (Deket). Sedangkan juara 1-5 untuk putri kategori 5K umum putri Lamongan yakni Andiva Putri (Lamongan), Nirinda Dwi Safitri (Babat), Nurisnawati, Azmil Mufidah (Paciran) dan Roudlotul Hasanah (Paciran) masih banyak kategori lainnya. 

Sumber: Biangnews.com

No comments:

Post a Comment