Thursday 11 August 2016

Pasokan Avtur Ditambah 30%

Pertamina Sukseskan Penerbangan Haji 2016

SURABAYA  – Musim haji,  Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) harus menyediakan segala keperluan demi kelancaran ibadah haji. Salah satunya adalah menyediakan pasokan avtur sebagai bahan bakar pesawat yang akan mengangkut para jamaah calon haji (JCH) hingga sampai di tujuan yakni di Madinah dan Jeddah.

Karena itu, Pertamina MORV telah menyiapkan tambahan 30 persen pasokan bahan bakar Avtur untuk memenuhi kebutuhan penerbangan jamaah haji di embarkasi yang berada di wilayah Marketing Operation Region V yakni di Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatim Balinus).


Di wilayah kerja MOR V Jatim Balinus, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pertamina melayani dua embarkasi  jamaah haji di dua lokasi yaitu DPPU Juanda Surabaya dan DPPU Bandara International Lombok (BIL).

“Pertamina berkomitmen untuk memastikan kelancaran dan ketersediaan pasokan Avtur selama musim Haji 2016. Untuk itu kami menyiapkan tambahan pasokan diatas rata-rata penyaluran normal sebelum untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pihak-pihak yang melayani para Jamaah Haji dalam menjalankan ibadah Haji di tahun ini”, Tutur Area Manager Communication & Relation Pertamina MOR V, Heppy Wulansari.

Dikatakan Heppu, Pertamina memprediksi peningkatan sales DPPU Juanda diperhitungkan sebesar 25 hingga 30 persen dari rata-rata normal, baik pada fase keberangkatan haji maupun fase kepulangan. Di mana setiap hari akan ada dua hingga tiga pesawat khusus untuk angkutan haji yang dilayani di DPPU Juanda.

Pada hari-hari biasa, Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU) Juanda melayani 200 penerbangan per hari. Dengan adanya penambahan penerbangan haji embarkasi Surabaya sekitar dua hingga tiga pesawat per hari, diperkirakan konsumsi avtur di DPPU Juanda akan meningkat menjadi sekitar 1.200 hingga 1.300 KL/ hari.

“Yang terpenting, pasokan sudah siap. Stok bahan bakar pesawat juga masih cukup. Kami siap menyukseskan penerbangan haji tahun ini,” tambah Heppy.

Haji Flight dibagi menjadi dua fase yaitu fase pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji. Untuk fase pemberangkatan di Bandar Udara Juanda akan dimulai 8 Agustus hingga 5 September 2016. Sedangkan untuk fase pemulangan akan dilakukan pada 18 September hingga 15 Oktober 2016.

Pada penerbangan Haji tahun 2016, bandara Juanda melayani 64 kloter haji yang akan memberangkatkan 27.323 JCH yang berasal dari Jawa Timur. (end)

No comments:

Post a Comment