Saturday 26 March 2016

Cara Mendidik Balita Cerdas

JAKARTA - Cara mendidik anak balita menjadi cerdas dan pintar, mendidik anak usia di bawah lima tahun atau yang sering disebut balita dengan baik wajib dilaksanakan oleh semua orang tua. Akan tetapi, pada pelaksanaannya, hal tersebut tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan mengingat setiap anak mempunyai karakter yang berbeda- beda. Sehingga, setiap orang tua tidak dapat menyamakan cara mereka dalam mendidik anak antara anak yang satu dengan yang lain.


Berdasarkan berbagai penelitian bahwa tahap balita merupakan tahap pertumbuhan anak-anak yang dimulai sejak anak berumur satu tahun dimana tahap ini merupakan tahap dimana anak- anak mulai mengenal dunia luar yang merupakan tempat mereka berinteraksi secara langsung dengan lingkungan yang baru mereka kenal. Maka dari itu dibutuhkan cara mendidik anak balita yang baik dan benar.



Pada fase inilah peran orang tua untuk cara mendidik anak balita sangat dibutuhkan dalam mendampingi tumbuh kembang anak secara optimal. Orang tua mempunyai tanggung jawab yang besar dalam memilah mana yang baik dan mana yang buruk untuk anak- anak mereka sehingga diharapkan bahwa sang anak hanya akan menerima masukan yang baik dan bermanfaat dari apa yang mereka dapatkan di lingkungan sekitar.


Menurut para ahli anak, ada berbagai cara mendidik anak balita yang dapat dilakukan dengan baik dan benar tanpa harus menggurui mereka secara kaku.Cara mendidik anak balita tersebut dapat dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan dan sesuai dengan dunia anak- anak khususnya balita sehingga mereka tidak sadar bahwa mereka sedang melalui tahap pembelajaran dari orang tua, yaitu pendidikan yang menyenangkan.


Cara mendidik anak balita melatih anak untuk belajar melakukan hal- hal kecil yang bermanfaat, maka anak akan berkembang menjadi seorang anak yang cerdas dan juga pintar. Selain itu, cara mendidik anak balita akan membentuk pribadi atau karakter seorang anak yang mandiri, bertanggung jawab, serta memiliki tata krama, sopan santun yang baik terhadap orang lain terlebih kepada orang yang dianggap lebih tua.


Dengan begitu, orang tua akan jauh lebih mudah dalam mengarahkan dan memberikan pendidikan yang baru dan tidak kesulitan dalam membiasakan hal- hal baik kepada anak ketika mereka beranjak dewasa nanti. net

No comments:

Post a Comment