Tuesday 29 March 2016

Telkom Bantu 464 Mitra Binaan


SURABAYA - Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusra kembali menggelontor pinjaman bergulir Rp 16,1 Milyar kepada 464 mitra binaan di triwulan 1/2016 ini. Pemberian pinjaman bergulir ini diserahkan Deputy GM Witel Surabaya, Amien Djauhari. Pinjaman bergulir bagian program CDC (Community Development Center) bidang Kemitraan yang diberikan kepada masyarakat yang telah mempunyai usaha minimal telah berjalan 1 tahun dengan besaran pinjaman maksimal Rp 75 juta.

Bunga yang diberikan 6% per tahun dan akan menurun di tahun kedua dihitung dari saldo pinjamannya. Bunga yang dibayarkan oleh mitra binaan digunakan menambah dana penyaluran di priode berikutnya, sehingga masyarakat yang menerima bantuan dana bergulir program kemitraan semakin banyak dan diharapkan akan selalu terus bertambah.


Deputy General Manager Telkom Surabaya, Amien Djauhari mengatakan pemberian pinjaman dana bergulir ini kami prioritaskan kepada calon mitra binaan dalam komunitas, calon mitra binaan yang mengajukan online melalui Smartbisnis.co.id, calon mitra binaan di lokasi Kampung UKM digital serta calon mitra binaan reguler”.

“Pihaknya juga memberikan persyaratan khusus, diantaranya peminjam pengusaha kecil menengah yang belum punya akses pinjam ke perbankan, kekayaan yang dimiliki tidak lebih dari 500 juta, dan omzet penjualannya maksimal Rp 2,5 Miliar per tahun. Mitra binaan juga diberikan kesempatan mengikuti program ini maksimal sebanyak 3 kali dan selanjutnya telah mampu pinjam ke bank.

Sejatinya, program kemitraan ini diberikan secara triwulan, namun, tambah Amien, mulai triwulan 2/2016 akan diupayakan bisa dilakukan secara bulanan bagi pendaftar online melalui website www.smartbisnis.co.id.

“ Kami tidak hanya menyalurkan pinjaman bergulir dalam program kemitraan ini, namun juga melakukan pembinaan melalui pelatihan-pelatihan, pameran-pameran, serta konsultasi masalah jika ada” tambah Amien. Tidak hanya itu, Telkom juga akan melakukan evaluasi secara berkala dengan melihat laporan perkembangan usaha para mitra binaannya setiap tiga bulan secara online.

Amien berharap dari program kemitraan ini banyak masyarakat yang tertarik membuka bidang usaha sendiri. “Target kami, program kemitraan ini dapat meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia. Untuk mempercepat naiknya perekonomian di Indonesia, ke depan ini kami akan dorong pelaku-pelaku bisnis UKM baik yang dibina oleh Telkom melalui program kemitraan atau diluar itu, untuk goes to digital” tambah Amien. Secara nasional, tahun ini Telkom mendigitalisasi 300 sentra UKM dan menjadikan 3 juta UKM Goes to Digital.

Program kemitraan berupa pemberian pinjaman bergulir ini telah dilakukan Telkom sejak tahun 2001, dimana Telkom telah menyalurkan pinjaman bergulir sebesar 522 Milyar untuk 21 ribu mitra binaannya di area Jatim Bali Nusra, dalam bidang usaha seperti halnya Industri, Jasa, Perdagangan, Perikanan, Perkebunan, Pertanian, Peternakan, dan lainnya. Imm


No comments:

Post a Comment