Wednesday 23 March 2016

Telkom Resmikan Kampung UKM Digital

Entrepreneur

SURABAYA – PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk terus berupaya memperbanyak coverage implementasi program Kampung UKM Digital memajukan UKM.  Kemarin, satu sentra industri tas Gadukan di Surabaya diresmikan menjadi Kampung UKM Digital. Sentra industri di Morokrembangan ini tak kurang 60 Pengrajin menekuni usaha pembuatan tas. Mulai tas fashion, tas anak sekolah, tas laptop, dan beberapa lainya.

Tas-tas produksinya didistribuskan ke pusat grosir seperti PGS (Pusat Grosir Surabaya), ITC, JMP (Jembatan Merah Plasa) dan sekitarnya. Selain di Surabaya, juga ke beberapa kota lain seperti Balikpapan, Samarinda dan Makasar. Mereka menjalani bisnisnya rata-rata 7 tahun.


“Program Kampung UKM Digital ini membantu pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) secara komprehensif dan terintegrasi mendukung proses bisnis satu kampung atau area. Sehingga UKM semakin maju, mandiri dan modern,” kata GM Telkom area Surabaya, M. Nasrun Ihsan usai meluncuran Kampung UKM Digital di Morokrembangan.

Untuk mengembangkan Kampung UKM Digital ini, menurutnya, pihaknya tidak melangkah sendirian, ada banyak unsur terlibat didalamnya seperti halnya beberapa kampus dari Akademisi, komunitas-komunitas IT dari unsur Community yang akan membantu pemanfaatan TIK, Disperindag dari unsur Government, dan Media.

Setelah tahun 2015 lalu Telkom mengentaskan 1 juta UKM untuk goes digital, tahun ini Telkom berkeinginan menjadikan 3 juta UKM Goes Digital. Untuk itu pihaknya harus digitalisasi 300 sentra UKM untuk menjadi Kampung UKM Digital.

“Kampung UKM tas Gadukan Surabaya ini menjadi kampung UKM digital pertama di Surabaya di tahun 2016, dan sepanjang tahun 2016 ini, kami mentargetkan akan ada 5 Kampung UKM Digital di area Surabaya” tambah Nasrun.

Untuk mengedukasi TIK, Telkom menyediakan BLC (Broadband Learning Center) di kantor Telkom dan yang disiapkan di Balai RT Morokrembangan. BLC pusat fasilitas pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat berbasis TI yang dibangun Telkom untuk umum. Di BLC ini, salah satunya, pelaku bisnis UKM ini akan belajar pemanfaatan aplikasi yang disediakan Telkom, seperti halnya Jarvis-Store, blanja.comwww.smartbisnis.co.id, maupun aplikasi terkait logistik, keuangan hingga SDM-nya.  imm


No comments:

Post a Comment