Wednesday 23 March 2016

Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) Jatim Tanam 40 Ribu Pohon

PASURUAN - Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) Jawa Timur melakukan aksi tanam pohon dan menabung air. Kegiatan ini komitmen CCAI berkontribusi pada konservasi air. Bekerja sama dengan Kelompok Tani Organik Sumber Makmur Abadi dan pemerintah setempat, kegiatan ini bertujuan untuk menghijaukan kembali lahan hutan kritis, pelestarian air, serta membantu meningkatkan taraf hidup ekonomi para petani.



Penanaman pohon dilakukan pada lahan hutan PERHUTANI petak 30 dengan total luas area 25 hektar. Secara bertahap, penanaman pohon dilakukan hingga 40.000 batang pohon pada kawasan yang dinamakan Hutan Asuh Coca-Cola. Adapun jenis pohon yang ditanam merupakan jenis pohon yang menghasilkan panen seperti duren, nangka, dan sebagainya.


Diharapkan bahwa dalam jangka waktu 3-5 tahun kedepan, para petani sudah dapat menikmati hasil panen dan mandiri dalam mengelola kawasan hutan tersebut dengan sistem organik dan agroforestri. Dengan melibatkan para petani tidak hanya dalam proses penanaman, namun juga proses perawatan, budidaya penghijauan dapat menjadi bagian dari keseharian masyarakat yang dapat membantu perbaikan lingkungan termasuk mencegah terjadinya kebakaran hutan.


Dalam acara ini juga diserahkan infrastruktur sumur resapan kepada perwakilan sekolah di area Pasuruan. Pembangunan sumur resapan salah satu bentuk komitmen CCAI program konservasi air. Hingga tahun 2016, CCAI membangun 114 sumur resapan tersebar di area sekitar lingkungan pabrik, sekolah, dan masyarakat sekitar. Sumur resapan ini bermanfaat untuk meresapkan air hujan ke dalam tanah, mengurangi air permukaan, mencegah banjir, serta sebagai sarana edukasi.


”Air jantung dari bisnis kami, sehingga manajemen dan efisiensi air salah satu prioritas. Kami selalu berupaya mengintegrasikan prinsip pengelolaan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan ke dalam keputusan dan proses bisnis kami. Selain itu, CCAI juga berkomitmen menginvestasikan waktu, keahlian, dan sumber daya untuk memberikan peluang ekonomi, meningkatkan kualitas hidup, dan menumbuhkan itikad baik bersama komunitas dimanapun kami beroprasi,” tutur Delijal, Plant Operation Manager CCAI. imm

No comments:

Post a Comment