Sunday 21 February 2016

Gandeng OSIS, IPNU-IPPNU Jombang Maksimalkan Kaderasisasi

JOMBANG – Berbagai upaya terus dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama, dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kabupaten Jombang, untuk memaksimalkan kaderisasi di lingkungan sekolah. Salah satunya dengan menggandeng pengurus OSIS Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tambakberas.
Pengkaderan ini diwujudkan dengan menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) yang diikuti sekitar 210 siswa MTsN setempat. Kegiatan yang digelar di gedung serbaguna Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang ini dibuka oleh Wakil Ketua Bidang Kesiswaan (Wakabid) MTsN Tambakberas, Mashuda, Sabtu (20/2).

Makesta sendiri digelar selama dua hari hingga Minggu (21/2) kemarin, dengan menyuguhkan beberapa materi yang sifatnya menumbuhkan semangat kepemimpinan, dan pengetahuan tentang IPNU-IPPNU. Di hari pertama peserta mendapat materi kepemimpinan dan keorganisasian, dalam hal ini disampaikan Ketua Keamanan dan Ketertiban (KAMTIB) Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.
Sedangkan materi selanjutnya tentang kelembagaan IPNU-IPPNU, dipandu Sekretaris PC IPPNU JombangNur Isna dan Sekretaris PC IPNU Jombang M Ihsanuddin Haidar. Keduanya memaparkan tentang sejarah bedirinya IPNU-IPPNU, arti logo, visi misi, mars serta perangkat-perangkat yang dibutuhkan.
Program ini sesuai dengan salah satu visi dan misi IPNU-IPPNU Jombang tahun ini, yakni memasifkan kaderisasi baik tingkat pelajar atau kalangan mahasiswa, mengingat letak geografis Jombang sebagai kota kelahiran para pendiri NU. Maka sudah seharusnya pelajar tingkat SMP/MTs sudah mengetahui tentang NU dan banom-banomnya.
“IPNU dan IPPNU adalah pengkaderan pertama dalam NU. Jadi kalau mau kenalan sama NU ya masuk IPNU atau IPPNU dulu. Dan lagian kita juga berada di Jombang, yang mana sebagai kota asal para pendiri NU, ada Mbah Hasyim, Mbah Wahab dan juga Mbah Bisri. Apalagi kita di Tambakberas, ada Mbah Wahab pula. Sayang sekali kalau sampai tak kenal Organisasi ini,” kata Haidar usai menyampaikan materinya.
Sementara Izza Diana Maula Shofi, salah seorang peserta Makesta mengungkapkan rasa senangnya dengan kegiatan tersebut. Meskipun ada banyak suguhan materi namun seluruh peserta tampak merasa menikmati dan fokus. “Seru, menyenangkan dan nggak bikin jenuh. Meskipun dari pagi tapi gak bikin bosan. Ada bercandanya juga. Tapi banyak juga materi yang didapat. Jadi lebih termotivasi lagi untuk menjadi seorang siswa yang aktif dan juga sudah mulai paham tentang tugas-tugas siswa ternyata luar biasa,” ujarnya. * nuo

No comments:

Post a Comment