Sunday 14 February 2016

Jember Kembangkan Destinasi dan Daya Tarik Wisata

(pasang foto A-pantai puger)
EKSOTIK : Pantai Puger di Jember yang selalu memiliki daya tarik bagi wisatawan. DUTA/jito

Genjot Kunjungan Wisatawan
  

Jember menjadi salah satu kota tujuan wisata di Jawa Timur yang cukup ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Destinasi wisata di Jember banyak yang berupa pantai, hal ini dikarenakan Kabupaten Jember berbatasan langsung dengan samudera Indonesia di selatan.

Kabupaten Jember berbatasan dengan beberapa daerah seperti Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudera Hindia di selatan, dan Kabupaten Lumajang di barat.



Selain wisata pantai, Jember juga memiliki banyak tempat wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Kontur wilayahnya yang berupa pegunungan, membuat Jember memiliki banyak obyek wisata alam yang yang indah. Selain itu, kita juga bisa menemukan banyak perkebunan di Jember yang menarik juga untuk kita datangi. Setidaknya ada 20 Tempat Wisata di Jember yang menarik dikunjungi


1.     Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) Jember
Tempat wisata paling populer di Jember salah satunya adalah Pantai Papuma. Pantai ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Pasir pantainya yang putih dan bersih membuat keindahan pantai ini menjadi daya tarik untuk wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia datang berlibur ke sini.


Lokasi pantai Papuma ada di di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember, jaraknya kira” 45 km dari kota Jember. Di sekitar pantai juga ada banyak sekali tempat penginapan, dari yang mahal sampai yang murah meriah.


Untuk masuk ke Pantai Papuma anda hanya harus membayar tiket masuk sebesar Rp 12.500 tiap orang (harga dapat berubah). Di sekitar pantai ini juga ada sebuah goa lawa yang menarik untuk dikunjungi, menurut mitos masyarakat, goa lawa merupakan tempat bersemayam putri penguasa laut selatan. dan juga tempat bertapa Kyai Mataram.


2. Pantai Watu Ulo Jember
Tempat Wisata Pantai Watu Ulo JemberTempat wisata pantai di Jember yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Watu Ulo, karena letaknya bersebelahan dengan pantai Papuma.


Di sekitar pantai ini anda bisa menemukan penjual aneka aksesoris yang terbuat dari dasar laut. Di pantai ini selalu diadakan acara Pekan Raya di setiap tahunya tepatnya pada tanggal 1-10 syawal. Pemandangan di sekitar pantai ini sangat mempesona, anda akan betah berlama-lama di pantai ini.


3. Pantai Bandealit di Jember
Tempat Wisata Keluarga Pantai Bandealit di JemberSelain dua pantai, masih ada pantai di Jember yang wajib dikunjungi, yaitu pantai Bandealita. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jember, terutama bagi mereka yang suka dengan olahraga air seperti body surfing. Anda bisa menyewa perlengkapan untuk body surfing yang telah disediakan pihak pengelola pantai. Ada banyak pilihan lain selain body surfing, anda bisa memilih berkano, menyusuri sungai dengan menggunakn speedboot, ataupun melihat banyak burung yang hiup di kawasan tersebut.


Di sekitar pantai, disini ada Green House yang menjadi rumah bagi bunga anggrek, anda bisa melihat koleksi tanaman bunga anggrek, dan obyek wisata yang satunya lagi adalah tempat penangkaran rusa timor.


4. Pantai Puger di Jember
Satu lagi destinasi wisata pantai di Jember yang tidak boleh anda lewatkan yaitu Pantai Puger Jember. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jember yang selalu ramai oleh wisatawan. Di sekitar pantai Puger juga terdaoat tempat pelelangan ikan, anda juga bisa melakukan kegiatan memancing di pantai ini. Anda juga bisa melihat Cagar Alam Puger Watangan yang lokasinya berada di sekitar kawasan Pantai Puger, dengan pesona sumber air kucurnya.


5. Obyek Wisata Keluarga Tiara Waterpark di Jember
Obyek Wisata Keluarga Tiara Waterpark di Jember Obyek wisata di Jember yang tidak boleh anda lewatkan adalah wahana bermain Tiara Waterpark. Disini anda bisa menikmati aneka permainan air yang seru. Tiara Waterpark menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jember yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur dan sekitarnya.


Lokasi Tiara Waterpark ini berdekatan dengan Universitas Jember, berjarak sekitar 2 KM saja. Untuk masuk ke Tiara Waterpark mulai pukul 17.00 tidak dipungut biaya untuk Non Waterboom. Tersedia juga Cafe Area( free wifi & free karaoke).


Tiara Waterpark buka sampai jam 10 malam. Wah, menarik jgua ya, kita bisa bermain sepuasnya dari jam 5 sore sampai 10 malam tanpa dipungut biaya, selain itu kita juga bisa online gratis dan karokean sepuasnya. Tiara waterpark bisa menjadi tempat wisata gratis terfavorit di Jember.


6. Objek Wisata Keluarga Pemandian Kebon Agung di Jember
Objek Wisata Keluarga Pemandian Kebon Agung di JemberAnda ingin bermain air? Pemandian Kebon Agung bisa menjadi pilihan yang tepat. Lokasi pemandian ini berada di Kebon Agung, Kaliwates, Jember. Terdapat 2 buah kolam renang dengan sumber air yang alami dialirkan langsung dari mata air Watu Remuk. Tersedia kolam untuk dewasa dengan ukuran 50×20 m berstandar internasional. Di sekitar pemandian tersedia juga berbagai fasilitas seperti hotel, restoran, dan taman bermain.


7. Tempat Wisata Edukasi Taman Botani Jember
Tempat Wisata Edukasi Taman Botani JemberTaman Botani menjadi Tempat wisata edukasi di Jember  yang tidak boleh anda lewatkan. Dengan konsep bermain sambil belajar akan membuat anak-anak lebih terangsang rasa ingin tahu mereka terhadap alam, baik itu tumbuhan maupun hewan.


Lokasi taman ini berjarak sekitar 11 Km dari arah barat alun – alun Jember. Disini anda akan menjumpai 300 jenis tanaman obat – obatan yang berbeda – beda di kebun herbal. Terdapat juga penangkaran hewan dengan berbagai spesies. Anda cukup membayar tiket masuk Taman Botani sebesar 5.000 rupiah.


Disini kita bisa melihat sekitar 300 jenis tanaman. Selain itu, anda juga bisa melihat berbagai jenis hewan seperti rusa, angsa, cendrawasih, merpati, kalkun dan lain-lain.



8. Wahana Liburan Seru Waterboom Niagara di Jember
Wahana Liburan Seru Waterboom Niagara di JemberSelain Tiara Waterpark, wahan bermain di Jember yang tidak boleh anda lewatkan adala Waterboom Niagara.


Waterboom ini sangat cocok sekali untuk bermain anak-anak, disini ada 2 buah kolam di dalam taman air ini, yakni kolam besar sedalam 160 cm untuk dewasa & remaja. Dan satunya lagi kolam yang lebih kecil dengan kedalaman 6 cm untuk anak – anak. Disini anda bisa mengajak anak – anak ataupun keluarga untuk menghabiskan waktu berlibur.


9. Destinasi Wisata Populer Kawasan Puncak Rembangan di Jember
Destinasi Wisata Populer Kawasan Puncak Rembangan di JemberPuncak? Bukannya puncak itu adanya di Bogor? Ternyata salah, puncak tidak hanya terdapat di Bogor. wisatawan juga bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan di Puncak Rembangan yang memiliki ketinggian sekitar 650 DPL.



Untuk mencapai Puncak Rembangan kita harus menempuh perjalanan sekitar 15 km arah utara kota Jember. Kawasan wisata Rembangan menyajikan wisata pegunungan dan agrowisata. Puncak Rembangan juga mempunyai tempat pemandian  dengan air alami yang terawat kebersihannya. Dari tempat ini wisatawan bisa melihat Kota Jember dan sekitarnya. (Jto)

No comments:

Post a Comment