Sunday 14 February 2016

Mahkota Baru Puteri Indonesia

Jakarta - Satu lagi wanita Indonesia akan dinobatkan sebagai Puteri Indonesia dalam malam final Puteri Indonesia 2016 yang bakal berlangsung 19 Februari mendatang. Wanita beruntung ini juga akan mengenakan mahkota baru.


Ada yang berbeda pada penyelenggaraan Puteri Indonesia tahun ini. Bertepatan dengan penyelenggaraan Puteri Indonesia yang ke-20, Yayasan Puteri Indonesia (YPI) menghadirkan mahkota baru.


Tidak hanya untuk pemenang utama Puteri Indonesia saja. Puteri Indonesia Lingkungan sebagai juara II dan Puteri Indonesia Pariwisata sebagai juara III juga mendapatkan mahkota baru. Wujud ketiga mahkota baru tersebut terungkap di jumpa pers Puteri Indonesia di The Sultan Hotel, Jumat (12/2/2016).



"Ini adalah desain terbaru sejak 2007," ujar Putri K.Wardani, Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia (YPI).


Rupa ketiga mahkota teranyar, lanjut Putri, sarat akan filosofi yang menceritakan keindahan Indonesia. Dimulai dari ukiran ketiga desainnya yang berinspirasi pada Candi Borobudur yang merupakan salah satu ikon sejarah Indonesia.


"Perbedaan ketiganya terletak pada warna bebatuan Indonesia yang menghiasinya," ujar Putri yang juga berperan sebagai konseptor desain. Adapun pembuatannya dieksekusi oleh Emas Putih PLG.
Mahkota Puteri Indonesia dihiasi batu mirah yang berwarna merah. Adapun merah melambangkan keberanian rakyat Indonesia untuk cinta bangsa. Adapun batu berwarna hijau, semacam batu zamrud, memperelok mahkota Puteri Indonesia Lingkungan.


Hijau mewakili hutan Indonesia yang merupakan paru-paru dunia karena terbesar kedua di dunia setelah Brasil. Selain itu, hijau juga melambangkan kesejukan, keberuntungan, dan perlindungan yang sesuai dengan misi Puteri Indonesia Lingkungan yakni melindungi alam Indonesia.


Sementara itu, mahkota Puteri Indonesia Pariwisata dihiasi batu safir. Warna birunya menyimbolkan identitas Indonesia sebagai negara kepulauan dengan lautan dan pantainya yang indah. Hal tersebut turut mewakili tugas utama Puteri Indonesia Pariwisata yang mempromosikan pariwisata Indonesia.
"Diharapkan, para pemenang dapat menggunakan mahkota ini untuk mengenalkan keindahan Indonesia saat dinas ke luar negeri atau bertemu dengan orang asing," terang Putri.


Adapun pembuatannya, termasuk proses mendesain hingga eksekusi, memakan waktu setahun. Sebagai bagian dari Organiasi Miss Universe, kata Putri, YPI juga menyesuaikan desain mahkotanya dengan 'rambu-rambu' Miss Universe.



"Rambunya lebih ke ukuran saja," ujar Putri. Tentang mahkota lama, Putri mengatakan akan menjadi koleksi arsip Puteri Indonesia.

No comments:

Post a Comment