Sunday 21 February 2016

Lelang Aneka Komoditas Agro Percepat Serapan Panen Petani

PUSPA AGRO  – Lelang komoditas aneka komoditas agro atau pertanian kembali akan digelar di Hall Gedung Tani Puspa Agro. Lelang diagendakan sebulan sekali dijadwalkan berlangsung Selasa (23/2/2016), mulai pukul 09.00.
Sebagai salah satu sarana perdagangan aneka komoditas pertanian, lelang dengan sistem forward ini sangat efektif untuk membantu pemilik barang dan calon pembeli (buyers), baik pedagang besar maupun pabrikan. Bagi pemilik barang, lelang merupakan media untuk mempercepat menjual barang dengan volume besar dan harga yang berkeadilan. Sementara bagi calon buyers, forum lelang ini merupakan cara cepat untuk mendapatkan barang dengan kualitas bagus dan harga relatif murah.

Karena itu, baik para pemilik barang, misalnya kelompok tani maupun pebisnis agro, juga pabrikan, bisa memanfaatkan lelang ini sebaik-baiknya. Segera manfaatkan peluang bisnis ini dengan mendaftarkan diri ke panitia lelang di kantor Puspa Agro. Untuk menghindari gagal serah dan gagal bayar, panitia lelang melibatkan Bank Jatim sebank bank garansi atas transaksi yang disepakati antara penjual dan pembeli.
Sebelumnya, pelaksanaan lelang di Puspa Agro berhasil membukukan transaksi  Rp 10,93 miliar.Transaksi lelang sebesar itu dihimpun dari tujuh komoditas, yakni jagung, jahe rajang, ayam ras/broiler, cabe, kunir, garam dapur (grosok), dan tepung gaplek.Dari tujuh komoditas itu, jagung mendominasi (36,6%) dengan nilai Rp 4 milar dari transaksi 1.000 ton. Posisi kedua dihasilkan dari transaksi jahe rajang (25,25%) senilai Rp 2,76 miliar dari volume barang 76 ton, disusul ayam ras/broiler dengan nilai Rp 2,6 miliar dengan volume 26 ton (23,8%).
Para peserta lelang tidak saja datang dari Sidoarjo, Surabaya dan sekitarnya, tapi juga berasal dari beberapa daerah, di antaranya Madura, Semarang, Bandung, serta daerah lainnya di Indonesia. Kabag Pengawasan Pasar Lelang Komoditas Bappepti, Kementerian Perdagangan, Sentot Kamaruddin, mengungkapkan, lelang di Puspa Agro ini sangat bermanfaat, baik bagi petani pemilik barang maupun pembeli. Lewat lelang, mata rantai perdagangan bisa diperpendek, sehingga harganya pun bisa dikompromikan pada titik yang ideal.
Sementara Direktur Utama PT Puspa Agro, Abdullah Muchibuddin, mengaku bersyukur atas minat pelaku bisnis agro yang selama pelaksanaan lelang terus meningkat. Karena itu, ia berharap momentum ini dimanfaatkan secara optimal oleh para petani dan pelaku bisnis agro. Dengan demikian, sebagai sala satu sarana perdagangan, lelang mampu mendongkrak daya serap hasil panen petani dan meningkatkan pendapatan mereka.
Ayo. manfaatkan peluang bisnis agro ini secara maksimal untuk mengembangkan bisnis Anda. Untuk informasi dan pendaftaran, silakan hubungi panitia lelang di kantor Puspa Agro, Jl. Sawunggaling 177-183, Jemundo, Taman, Sidoarjo, Telp (031) 7878700. (*)

No comments:

Post a Comment