Thursday 18 February 2016

Rajin Tahajud, Rio Orang Pertama RI ke Formula 1

JAKARTA– Doa dan tahajud Rio Haryanto terkabul. Pebalap muda Indonesia itu mendapatkan satu tempat di Manor Racing dan akan mengikuti ajang Formula 1 musim 2016. Rio akan mendampingi pebalap Jerman Pascal Wehrlein.

Kepastian ini disampaikan Pertamina sebagai sponsor utama Rio di Gedung Pertamina, Jakarta Pusat, pada Kamis (18/2). Dalam acara itu hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto.


Selanjutnya, Rio akan bertolak ke Barcelona untuk mengikuti pramusim dan peluncuran resmi tim Manor pada 22 Februari.

Dalam pernyataannya Rio sendiri menyatakan terima kasih atas dukungan yang ia dapatkan selama ini. “Assalamualaikum wr wb. Saya ingin ucapkan makasih atas dukungan semua. Akhirnya pada sore ini dapat kabar gembira, saya telah di-announce sebagai pebalap F1,” kata Rio.

“Semoga ke depannya dengan bekerja keras sekali, tidak hanya ingin mewakili Indonesia di F1. Saya ingin (mengukir) prestasi,” tambahnya. Rio akan bertolak ke Barcelona untuk latihan pramusim Jumat (19/2) hari ini.

Pertamina dan pemerintah berkomitmen mendukung Rio berlaga di semua seri balap Formula 1 dan akan menyiapkan dana 5,2juta euro (sekitar Rp78 miliar). Pemerintah melalui Kempora berjanji memberikan bantuan Rp100 miliar yang akan diambil dari dana APBN-P 2016. Pebalap Manor Racing itu nantinya akan berpartner dengan Pascal Wehrlein dari tim Inggris.|Afp
Pertamina dan pemerintah berkomitmen mendukung Rio berlaga di semua seri balap Formula 1 dan akan menyiapkan dana 5,2juta euro (sekitar Rp78 miliar). Pemerintah melalui Kempora berjanji memberikan bantuan Rp100 miliar yang akan diambil dari dana APBN-P 2016. Pebalap Manor Racing itu nantinya akan berpartner dengan Pascal Wehrlein dari tim Inggris.|Afp
Sementara itu Presiden Direktur Pertamina Dwi Soetjipto memuji jiwa pejuang yang dimiliki Rio.  “Saya punya jiwa fighter juga. Jadi saya salut, apalagi ini untuk berjuang bagi negara. Kita tahu riwayat Rio, waktu kecil kecelakaan hebat, luka parah. Tapi dia bisa bangkit untuk angkat nama bangsa, di sebuah olahraga yang penuh prestige,” kata Dwi.

“Mungkin kelihatannya cuma melaju kendaraan. Tapi pasti (banyak) nggak tahu apa yang dia lakukan, olahraga empat jam setiap harinya. Yang pasti hanya bisa dilakukan bagi orang berjiwa fighter,” tambah Dirut Pertamina. Pertamina sendiri telah menjadi sponsor utama bagi Rio sejak 2010.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, “Bersyukur kepada Allah, setelah salat tahajud, akhirnya Rio jadi orang Indonesia pertama masuk F1.”

Upaya Rio menjadi pebalap di F1 ini sendiri dilalui dengan berbagai tantangan terutama menyangkut pengumpulan dana. Dana yang diperlukan untuk mengikat kontrak untuk bergabung dengan F1 sekitar Rp320 miliar untuk musim balap 2016. Pertamina yang menjadi sponsor utama Rio selama ini tidak dapat menanggung dana sebesar itu.

Dukungan dari masyarakat untuk Rio termasuk dari kelompok yang menamakan diri Sahabat Rio dan melakukan pengumpulan dana sejak Oktober lalu.

Rio adalah pebalap 23 tahun yang musim lalu turun di ajang GP2. Sepanjang musim 2015, Rio sukses tiga kali naik podium sebagai juara pertama sehingga dilirik tiga tim Formula 1. Manor Racing, tim yang berbasis di Inggris, kemudian memberikan tawaran resmi.

Rio juga sempat beberapa kali menjajal mobil Manor, termasuk ketika tes ban Pirelli di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, pada Desember lalu. Tawaran Manor tak datang dengan mudah. Rio wajib membawa dana 15 juta euro untuk mengamankan kontraknya musim ini.

Rio telah mendapatkan dana 5,2 juta euro dari Pertamina sebagai sponsor utama. Tapi sifatnya dibayarkan kemudian (reimbursement). Artinya, Pertamina baru mau mengeluarkan uang jika keseluruhan biaya telah jelas sumber dananya.

Kemenpora juga menyatakan akan membantu Rio dengan dana Rp100 miliar. Namun pencairan dana masih menunggu persetujuan Komisi X DPR RI. Saat ini, Rio dan tim telah menyetorkan 3 juta euro kepada Manor Racing sebagai uang muka.

Pengumuman Manor

“Kabar bagus! Kami telah mengontrak Rio Haryanto untuk mengisi mobil kedua kami. Line up pebalap muda dan lapar kami sudah komplet,” demikian di-tweet oleh akun resmi Manor Racing.

Konfirmasi dari Manor ini mengakhiri saga upaya Rio menuju F1. Dalam setidaknya dua bulan terakhir pebalap 23 tahun itu dibayangi ketidakpastian soal bisa atau tidaknya dia turun di ajang F1.

Penunjukkan Rio diumumkan Manor melalui laman Facebook resmi mereka, Kamis (18/2) sore WIB. Pemilik Manor Racing Stephen Fitzpatrick mengaku senang bisa merekrut Rio Haryanto menjadi salah satu pebalapnya. Ia bahkan menyebut pebalap asal Solo itu sebagai pebalap ulet, yang sangat mengesankan saat berlaga di GP2 tahun lalu.

“Kami senang mengumumkan Rio Haryanto sebagai pebalap kedua kami untuk musim 2016. Rio telah membalap sejak ia berusia enam tahun. Ia ulet dan berada di jalur yang tepat dan membuat kesan baik pada tahun lalu di ajang GP2. Rio sangat terkenal di Indonesia, sangat bagus untuk tim dan juga untuk F1,” ujar bos Manor, Fitzpatrick.

“Mereka (masyarakat Indonesia) tertarik untuk melihat ia di grid dan kami yakin bahwa kami akan melihat dia menikmati beberapa pertempuran seru di tahun mendatang,” sambungnya.

Sementara itu, Rio menyambut penunjukkan dirinya oleh Manor sebagai penghargaan bagi dirinya dan Indonesia. Ia mengaku siap menjalani musim 2016 bersama Manor.

“Manor Racing adalah tim dengan visi yang menarik dan rencana ambisius. Mereka telah menghasilkan paket besar dan saya tidak sabar untuk masuk ke dalam mobil. Melbourne akan menjadi momen besar bagi saya, negara saya, pendukung, dan penggemar. Serta saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang sudah bersama saya sejak saya mulai membalap tunggal. 2016 adalah kesempatan saya untuk menghargai kepercayaan itu dan mewakili Asia di pentas F1,” ucap Rio Haryanto.

Rio Haryanto menjadi pebalap pertama Indonesia bahkan Asia yang akan berkiprah di balap jet darat ini. Ia dilirik Manor setelah tampil apik di GP2 musim lalu. mio, dit, bbc

No comments:

Post a Comment