Sunday 14 February 2016

Makanan Efektif Turunkan Tekanan Darah Tinggi



Jika tekanan darah Anda lebih tinggi dari tekanan darah normal atau jika Anda hanya ingin mempertahankan tensi yang sehat, lima pilihan makanan ini bisa Anda konsumsi setiap hari. Ini akan menjadi awal diet tekanan darah yang sehat dan efektif.

1.       Kacang
Kacang kaya akan serat, magnesium, dan kalium yang semuanya membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Sebuah studi dalam jurnal JAMA Internal Medicine mendapati, orang dengan hipertensi yang mengonsumsi 1 cangkir kacang setiap mendapati tekanan darah mereka menurun.


Takaran: 1 cangkir sehari.

2.       Bubuk cokelat
Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa makanan yang mengandung cokelat dapat membantu mengurangi tekanan darah karena kandungan flavonol dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Peneliti Harvard juga menemukan bahwa cokelat hitam membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Karena umumnya coklat tinggi kalori, bila Anda menginginkan yang lebih sehat, bubuk coklat adalah solusinya. Anda bisa mencampurnya dalam minuman atau makanan.

Takaran: 1 sdm sehari.

3.       Pisang
Sebuah sumber kalium, pisang membantu melawan efek dari naiknya tekanan darah akibat konsumsi sodium. Orang dewasa membutuhkan sekitar 4.700 mg tau 4,7 gram kalium harian, dan pisang dengan ukuran sedang menyediakan sekitar 12 persen. Tambahkan pisang untuk sarapan atau makan malam.

Takaran: 1 pisang sehari.

4.       Susu low-fat atau yogurt
Orang yang mengonsumsi susu rendah lemak dengan kandungan kalsium dan vitamin D memiliki 11 persen kemungkinan penurunan risiko tekanan darah tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya, menurut sebuah studi dalam jurnal Hypertension. Jadi, mulailah hari Anda dengan sereal dan susu atau plain yogurt rendah lemak dengan buah.

Takaran: 1 porsi sehari.

5.       Kentang
Kentang sering dicap buruk, karena mengandung banyak karbohidrat dan gula pati, namun kentang juga kaya kalium dan magnesium yang membantu menormalkan aliran darah. Untuk dapat merasakan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi kentang panggang atau kukus bersama sayuran.

Takaran: 2 kali seminggu.

Sekain kombinasi diatas,  ada pilihan makanan dan sayuran yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi menjadi salah satu masalah medis yang banyak dialami. Berbagai faktor penyebab terjadinya tekanan darah tinggi, seperti asupan garam yang berlebih, kegelisahan, obesitas, kekurangan beberapa nutrisi, dan lainnya.

Ada beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya menjalani pola makan yang sehat. Berikut ini adalah tujuh makanan penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi:

 1. Sayuran hijau
Sayuran hijau, seperti bayam dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi karena bayam mengandung kalium yang banyak. Selain bayam, seledri juga bisa menjadi pilihan kita untuk dikonsumsi.

2. Susu bebas lemak
Susu bebas lemak merupakan salah satu asupan terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Susu bebas lemak mengandung kalsium yang tinggi serta vitamin D. Akan lebih baik jika susu dikonsumsi hangat. Dan jangan lupa untuk memeriksa tidak ada lemak sama sekali, karena kehadiran lemak akan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

3. Tomat
Kandungan kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E pada tomat dapat membantu mengurangi tekanan darah jika dikonsumsi secara teratur.

4. Bawang putih
Bawang putih dapat mencegah pembekuan darah dan penebalan pembuluh darah. Tidak hanya itu, bawang juga dapat menahan efek buruk yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan membantu menghilangkan penyumbatan di jantung.

5. Gandum atau oats
Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, rutinlah mengonsumsi oats sebagai sarapan rutin.

6. Kurangi makanan asin dan pedas
Mengurangi asupan garam menjadi langkah penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi, karena kandungan sodium merupakan elemen yang menyebabkan meningkatnya tekanan darah di arteri. Dan ternyata makanan pedas juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, sehingga menghindari makanan pedas akan menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Buah-buah segar
Semua buah-buahan mengandung mineral dan vitamin yang akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi buah-buahan juga tidak akan meningkatkan kadar gula di dalam tubuh karena rasa manis pada buah adalah alami.

Selain tujuh makanan tersebut yang bisa dikonsumdi untuk menurunkan tekanan darah, jangan lupa juga untuk minum air dalam jumlah yang banyak setiap hari untuk menurunkan ketegangan saraf yang juga menjadi salah satu faktor munculnya tekanan darah tinggi. Imm/kom




No comments:

Post a Comment