Monday 15 February 2016

Penalti Messi Antarkan Suarez Hat-trick


BARCELONA - Barcelona berhasil menggilas Celta Vigo dalam lanjutan La Liga dengan skor telak 6-1. Laga yang digelar di Camp Nou, Senin (15/2) dinihari WIB, diwarnai aksi ‘aneh’ Lionel Messi dalam mengeksekusi penalti, yang mengantarkan Luis Suarez mencetak hat-trick.


Dalam jalannya pertandingan, Barca sempat kesulitan di babak pertama. Meski mereka tampil dominan, skor berimbang 1-1 saat turun minum. Blaugrana unggul melalui tendangan bebas Messi pada menit ke-28, tapi dibalas Celta lewat penalti John Guidetti pada menit ke-39.



Barca mengamuk di paruh kedua. Mereka mencetak lima gol tambahan. Suarez mencetak tiga gol pada menit ke-59, 75, dan 82. Dua gol lainnya dicetak Ivan Rakitic pada menit ke-85 dan Neymar di injury time.


Berkat kemenangan ini, Barca masih memimpin klasemen sementara dengan koleksi 57 poin. Mereka unggul tiga poin atas Atletico Madrid yang berada di posisi kedua. Celta menempati posisi kedelapan dengan 35 poin.


Meski berhasil meraih kemenangan besar, aksi ‘aneh’ Messi dalam mengeksekusi penalti di menit ke-82 ini, langsung menjadi perbincangan dunia sepak bola. Sebab, penalti Messi tidak dilakukan seperti biasa. Penyerang asal Argentina itu terlihat mengambil ancang-ancang dan bersiap menembak ke gawang Celta yang dijaga Sergio Alvarez, ternyata justru seperti mengoper ke samping.


Dia menendang bola dengan sangat pelan ke arah kanan. Dari arah belakang, Luis Suarez berlari dan langsung menyambar "umpan" dari Messi. Alvarez yang sudah terkecoh oleh gerakan Messi tak bisa berbuat banyak saat Suarez menjebol gawangnya.


Aksi Messi ini memang bukan yang pertama, di tahun 1982 silam, Cruyff dan Jesper Olsen juga pernah melakukan hal serupa. Beberapa tahun lalu, Robert Pires dan Thierry Henry juga pernah mencoba trik serupa di Arsenal. Namun, percobaan mereka gagal. "Trik itu telah dilatih dan itu seharusnya untuk saya. Yang paling penting adalah trik itu berhasil," kata Neymar.


Keberanian Messi ini juga mengejutkan gelandang Barca Andres Iniesta. "Reaksi pertama saya atas penalti itu adalah terkejut karena cara mereka melakukannya, tapi saya senang jadi gol. Penalti juga bisa dieksekusi seperti itu," kata Iniesta di laman web situs resmi klub.
"Mungkin skenario itu sebenarnya buat Neymar. Saya pribadi belum pernah melihat mereka mengujinya saat latihan, tapi saya yakin itu sudah lebih dulu dilatih. Kami adalah tim teratas yang berusaha menghormati lawan kami dan cara mereka bermain. Saya pikir penalti seperti itu bukan tanda tidak menghormati lawan," tuturnya.


Sementara itu, Pelatih Barcelona, Luis Enrique, tak mempermasalahkan hal ini. Menurutnya, cara Messi mengambil penalti seperti itu sah-sah saja. Dia tak setuju kalau trik Messi itu dianggap tak menghormati tim lawan. "Penalti seperti itu diperbolehkan. Itu adalah gerakan yang sah dan kita semua tahu itu sudah dilakukan sebelum (Johan) Cruyff melakukannya," ujar Enrique seperti dikutip Soccerway.


"Namun, itu akan memunculkan debat yang sengit. Saya tidak akan mengeksekusi penalti seperti itu karena saya akan gagal. Namun, ada orang-orang yang menyukainya dan orang-orang yang tidak menyukainya," tambahnya.


Anggapan bahwa penalti Lionel Messi tidak menghormati lawan ditepis oleh kubu Celta Vigo. Pelatih Celta, Eduardo Berizzo, biasa-biasa saja menanggapi penalti tersebut. Cara Messi mengambil tendangan itu memang tidak biasa.


"Penalti itu cuma dieksekusi dengan cara yang berbeda saja, tidak lebih. (Penalti) itu masih sesuai peraturan. Golnya lebih menyakitkan ketimbang cara mereka mengeksekusi penaltinya," kata Berizzo. * dtk

No comments:

Post a Comment