Sunday 14 February 2016

Pemprov Jatim Gencar Promosikan Wisata Daerah


Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim rutin menggelar Seni Budaya Daerah (GSB) di Taman Budaya Jawa Timur Jl. Gentengkali 85 Surabaya, Jum’at – Sabtu (12-13/01/2016) malam. Kali ini giliran Kabupaten Jember yang menampilkan seni budaya, potensi wisata dan produk unggulan andalan mereka.


Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur  Drs. Ahmad Sukardi Msi, mengatakan, kabupaten Jember dikenal memiliki potensi seni budaya dan pariwisata yang melimpah. Tadi saya berkunjung ke stand pameran produk UKM dari Kabupaten Jember, sungguh luar biasa. Jember memiliki potensi yang perlu terus dikembangkan dan dipromosikan. Produk kerajinan batik, kerajinan anyaman, souvenir, makanan khas seperti dan masih banyak lagi jajanan khas yang dikenal masyarakat luas, tak hanya masyarakat jatim tapi juga nasional." terang Sukardi.



Sukardi juga mengatakan bahwa masyarakat Jawa Timur yang gemar berwisata tidak usah pergi keluar provinsi Jatim, apalagi keluar negeri seperti Singapura, dan Negara tetangga lainnya. Jatim, khususnya Jember memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa dan tidak kalah indahnya dengan Bali maupun Jogjakarta. Sebut saja pantai Papuma, Pantai Malikan, belum lagi wisata buatan dan masih banyak lagi obyek wisata lainya yang perlu dikunjungi. Soal seni budaya, Sukardi menyebut bahwa Negara tetangga tidak memiliki gamelan lengkap beserta penyanyi campursarinya seperti milik Jember ini. Begitu juga dengan Etno Carnival yang dimiliki Jember luar biasa bagusnya. Oleh karena itu mari kita kembangkan dan kita lestarikan potensi yang ada tersebut agar tidak punah. Sebaliknya malah semakin berkembang dan berkembang.“ungkap Sukardi.   


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Jarianto, M.Si, yang diwakili kepala UPT Taman Budaya Jatim Sukatno menambahkan bahwa meski GSBD ini merupakan acara rutin bagi Taman Budaya Jatim, namun merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk mengenalkan potensi seni budaya dan pariwisata daerah. Kali ini kabupaten Jember berkesempatan menyajikan potensi wisata, budaya, kerajinan dan produk unggulan yang ada. 


Sukatno menambahkan, Jember disamping memiliki sejuta pesona wisata alam, juga memiliki ragam budaya yang luar biasa, salah satunya adalah Etno Carnival. Budaya modern yang tak dimiliki daerah lain tersebut harus dilestarikan dan dikembangkan keberadaannya. “tukas Sukatno.


Menurut Sukatno, selama acara GSBD berlangsung, di pelataran Taman Budaya juga diselenggarakan pameran potensi seni budaya dan pariwisata serta bazar kuliner khas Jember. Disamping itu juga dimeriahkan dengan acara untuk anak-anak usia TK dan SD serta untuk ibu-ibu, yaitu lomba peragaan busana hari Sabtu (13/1/2016) pagi. Siang harinya berbagai atraksi akan mengisi acara di pelataran Taman Budaya, sebelum akhirnya disajikan campursari sekaligus menutup acara.”ungkapnya.


Adapaun maksud dan tujuan digelarnya GSBD adalah untuk mendorong pengembangan dan tingkat kualitas karya seni dan kehidupan berkesenian di jatim. Disamping itu juga meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni budaya dan produk unggulan daerah. Memperluas pasar produk unggulan daerah dan produk ekonomi kreatif serta memperkuat sinergitas antar pelaku seni, stakeholder dan pemangku kepentingan dalam pelestarian dan pengembangan seni di jatim.”pungkasnya. (jto)

    
    

    

No comments:

Post a Comment