SURABAYA - Indonetwork.co.id, e-commerce market place dan direktori bisnis terbesar serta terlengkap di Indonesia terus aktif berpartisipasi pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Kali ini, bekerja sama dengan Dinas Koperasi & UMKM Karawang dan PT. Pos Indonesia, Indonetwork.co.id melakukan BIMTEK (Bimbingan Teknologi) di kabupaten Karawang yang dulu terkenal dengan julukan daerah lumbung padi ini.
“Kami fokus edukasi bisnis melalui internet kepada UMKM. Mencakup pengenalan internet dan implikasinya dalam berbisnis. Juga mengajarkan bagaimana mengembangkan bisnis secara online. Kami ingin pebisnis pengusaha UMKM Karawang dapat menggunakan dan mendapatkan manfaat maksimal dari teknologi internet dan tumbuh bersama kami.” ujar Ryn Hermawan selaku Co Founder Indonetwork.co.id di sela-sela kegiatan Bimtek yang digelar Selasa ( 25/3) tersebut.
Saat ini Indonetwork.co.id telah memiliki sejuta member komunitas. Indonetwork juga diakses jutaan visitor domestik dan internasional. Dengan bergabung bersama Indonetwork.co.id, berkesempatan mempromosikan produk dan perusahaannya kepada seluruh pengguna website .
“Dengan lebih 150 ribu visitor setiap hari atau lebih 4,5 juta visitor per bulannya, potensi bisnis yang dapat direalisasikan setiap member sangat besar," ujar Wisnu Purnama Aji, CFA, selaku Head of Business Intelligence, Development and Strategy Indonetwork.co.id.
Optimisme Indonetwork.co.id sangat tinggi melihat geliat industri e-commerce di Indonesia yang terus berkembang pesat. Bahkan diprediksikan akhir tahun 2016 total nilai transaksi industri e-commerce Indonesia mencapai Rp 283 triliun, sebagian besarnya disumbangkan segmen B2B.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang Drs.H.Asep Junaedi,M.Pd sangat senang adanya Bimtek UMKM yang bersinergi dengan Indonetwork dan PT Pos. Terlebih potensi UMKM di Karawang sampai Desember 2015 mencapai 38.904 UMKM.
“Selama ini andalan UMKM Karawang selain aktif promosikan produknya melalui pameran, promosi, pasar modern, rest area dan individu. Juga pembinaan melalui fasilitasi dan bimbingan teknis serta studi banding. Dengan pengenalan dan pelatihan internet yang dilakukan Indonetwork ini nantinya UMKM kita harus bisa lebih berkembang. Karena pasarnya tidak saja Karawang, Indonesia bahkan dunia,” jelasnya.
Asep Junanedi menambahkan Karawang memiliki beragam produk unggulan. Dari kerajinan seperti eceng gondok, anyaman bambu, Boneka , Kerang, Tas dari Kulit Reptil. Untuk makanan seperti opak ketan, pindang ikan, jamur merang, jajan pasar serta produk sparepart mesin dan kendaraan yang tergabung dalam APEK (Asosiasi Pengusaha Enginering Karawang)
Sementara itu, PT Pos Indonesia siap membantu UMKM maju dan berkembang di pasar domestik dan global. Seperti dikatakan Andi Rosa selaku Kepala Kantor Pos Karawang dari PT Pos Indonesia memandang UMKM sebagai bagian dari pelanggan potensial. Untuk itu PT Pos akan melakukan bimbingan sesuai kebutuhan baik dari sisi packaging yang sesuai standar, knowledge mengenai barang yang dilarang pengirimannya melalui pos, atau barang yang memerlukan persyaratan khusus agar bisa dikirimkan melalui pos.
“PT Pos menyediakan layanan khusus kiriman UMKM tujuan dalam dan luar negeri,” tegas Andi Rosa
Untuk kiriman domestik tarif yang berlaku untuk UMKM tarif publish disertai discount. Juga menyediakan website untuk display produk UMKM, menerima pesanan dan pembayaran, mendistribusikan dan menyerahkan kiriman kepada pembeli atau penerima.
Tidak hanya itu, juga memberlakukan UMKM sebagai Agenpos sehingga dapat menerima transaksi pengiriman dari hasil produksinya sendiri dan atau dari tempat lain. Fasilitas pick up service untuk kiriman UMKM yang telah bekerjasama. imm
No comments:
Post a Comment