*Telkom Sediakan 15 Ahli Berbagai Bidang
SURABAYA - Memperkuat layanan SOBAT UKM Contact Center
1500249, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggandeng 15 expert
untuk menjadi mentor dan coach bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM)
yang memanfaatkan layanan SOBAT UKM. Para expert tersebut berasal dari beragam
industri dan telah berhasil dalam perjalanan bisnisnya.
SOBAT UKM atau Solusi Bisnis Sahabat Usaha Kecil Menengah
yang diluncurkan Telkom sejak Januari lalu, hingga kini telah berhasil memikat
banya pelaku UKM. Terbukti dari trafik yang menghubungi Contact Center 1500249
maupun yang berinteraksi langsung melalui akun @sobat_ukm (twitter dan FB)
jumlahnya semakin meningkat.
“Kami menyadari bahwa untuk meningkatkan kompetensi
pelaku UKM, sebaiknya dari para pelaku UKM sendiri yang telah sukses dalam
menjalankan bisnisnya. Untuk tahap pertama ini, Telkom menggandeng 15 orang
expert dari berbagai bidang industri. Kesemuanya sudah mumpuni untuk memberikan
konsultasi, mentoring dan coaching kepada para pelaku UKM,” terang Direktur
Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin usai melakukan
video chat dengan pelaku UKM dari kota Cirebon dan Magelang (12/2) dalam rangka
kick-off pemanfaatan Video Chat bersama Expert.
Layanan SOBAT UKM ini menyediakan Multi Channel, mulai
dari akses nomor khusus 1500249, via website www.sobat-ukm.com yang
menyediakan berbagai alternatif chat (webinar, live chat, video call), hingga
konsultasi offline. Untuk menjamin layanan tersebut, Telkom menyediakan
Dedicated Agent dan Expert yang akan menjawab setiap solusi UKM baik terkait
kebutuhan ICT maupun solusi bisnis untuk UKM pada jam kerja (08.00-17.00
wib).
Terkait layanan SOBAT UKM, Awaluddin menambahkan, “SOBAT
UKM dilengkapi juga dengan Digital Interactive terkait tips berbisnis, solusi
permasalahan bisnis, maupun tutorial seputar UKM. Melalui webwww.sobat-ukm.com ,
para pelaku UKM dapat mengakses berbakai macam artikel seputar bisnis dan UKM.”
“Yang mengisi konten selain terkait teknologi informasi
& komunikasi dilakukan langsung oleh para expert yang ada. Para
expert berasal dari berbagai sektor industri, mulai fashion, trainer NLP,
furniture, agribisnis, kuliner, souvenir boneka dan retailer. Pokoknya lengkap
dan mumpuni,” ungkap Awaluddin.
Lebih lanjut, Awaluddin mengisahkan dibalik pembentukan
layanan SOBAT UKM didepan para expert yang turut hadir dalam acara tersebut.
”Kami telah melewati berbagai pengalaman dalam mengelola
layanan terhadap segmen UKM ini. Lesson learned-nya sangat banyak. Mengelola
segmen UKM ini membutuhkan kesabaran. Hal ini dapat dimaklumi mengingat tingkat
pemahamam pelaku UKM terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) masih
kurang. Dari berbagai pengalaman tersebut, kami meyakini bahwa layanan SOBAT
UKM ini sangat pas untuk meningkatkan pengetahuan UKM,” terang Awaluddin.
Dalam kesempatan yang sama, Kordinator Expert, Diah Yusuf
yang merupakan penggerak UKM menjelaskan yang dilakukan para expert dalam
memajukan UKM Indonesia.
“Kami mengatur jadwal konsultasi masing-masing expert.
Kami juga menggunakan Business Model Canvas dalam memberikan konsultasi,
mentoring dan coaching kepada pelaku UKM yang menghubungi SOBAT UKM. Intinya
kami siap mendukung Telkom dalam memajukan UKM Indonesia,” imbuh Diah Yusuf
mewakili para dewan expert.
“Kami siap membantu UKM, silahkan langsung menghubungi
SOBAT UKM ataupun via akun social media @sobat_ukm. Para pelaku UKM dapat
berinteraksi langsung dengan para agen dan expert. Kelak juga akan sediakan
kelas training untuk semakin memudahkan para pelaku UKM dalam meningkatkan
kompetensi bisnisnya,” pungkas Awaluddin yang turut didamping Executive General
Manager (EGM) Divisi Business Service Telkom, Yusron Hariyadi. imm
No comments:
Post a Comment